Go paperless

Waktu liat pak presiden pidato pake ipad beberapa bulan yang lalu, saya mikir, apakah presiden dibayar steve jobs buat promosi. atau pihak istana lagi irit kertas, mengingat presiden banyak banget berpidato didepan umum.

Hahaha, terlepas dari irit atau tidaknya pihak istana, tapi go paperless udah bukan sekedar wacana lagi, bukan hanya isu atau isapan jempol,, (jempol siapa yang mau diisap??)
yeah,, saya bersyukur sekali sekarang penggunaan kertas mulai diefisiensikan, apa saja faktor faktor dari perkembangan zaman yang dpat memotong penggunaan kertas?

ebook
dimulai populer dari adanya amazon yang jualan ebook yang mempopulerkan ebook, sekarang, mungkin itu style masing masing orang.. lebih milih penggunaan ebook dibandingka buku, kenapa kaya gitu,, kebanyakan koresponden bilang, kalo ebook kgak berat. dan ga perlu ruang penyimpanan yang gede bgt. paling cuma sediain aja harddisk segede gaban.. insya allah dah punya perpustakaan digital. oia one more, di korea sana, bahkan ada satu perpustakaan yang udah ga nyediain buku lagi, merka full ebok yang bisa diakses lewat internet.. wuidih enak ga coy?? asal ga lu colong aja datanya.

gadget buat nulis
makin tipis aja sekarang komputer, dari era PC, laptop, nettbook, dan sekarng udah ada ipad, orang udah pada males aja bawa buku ke sekolahan. tinggal pake satu gadget tersebut, kita udah bisa ngegantiin berpuluh puluh buku, bahkan gadgt tersebut efektif dan efisien lagi untuk digunakan. Bocah bocah SD di salah satu negeri singapura, udah tidak menggunakan buku lagi untuk sekolah, tapi udah tinggal klak klik dan ngetik pake ipad. yang pengen gw tanyain,, mereka belajar nulis pake apa ya??

Budaya Perusahaan Teknologi
inovasi para pengembang gadget ataupun software sangat sangat mendukung terjadinya paperless ini, alasannya bukan karena mereka peduli lingkungan. tapi tuntutan inovasi agar mendapatkan market yang besar.
dibidang gadget contohnya : ada ipad, pen tablet, galaxy tab dll yang bisa mereduksi penggunaan kertas,
Kemudian raksasa google pun berencana untuk membuat majalah digital yang tidak menggunakan kertas sama sekali, Google dikabarkan sudah mulai mendekati penerbit untuk menjalankan kios majalah/koran digital yang diperuntukkan bagi perangkat bergerak yang menggunakan perangkat lunak Android. Selain Google pun kita bisa kita lihat, para vendor vendor media cetak, mulai membuat sebuah portal online sebagai medianya, kayak detik.com, vivanews.com, kompas.com. bukan ga mungkin kedepannya mereka akan full without paper alias kertas..

sudah layaknya alam dijaga, kemajuan teknologi mudah mudahan juga berkolerasi dengan terciptanya sebuah perbaikan budaya untuk merawat alam. semoga. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s