tracking error sederhana

“Quality is never an accident, it is always the result of intelligent effort.” – John Rushkin

Kebetulan beberapa minggu yang lalu, saya janji ke teman saya untuk membetulkan beberapa bugs di web dia yang sangat sulit ditemukan. Teman saya sudah mencari bantuan kemana mana ternyata belum menemukan hasil yang sesuai, sudah bergam dukun yang didatangi dan tidak menghasilkan pemecahan manapun (okeh mungkin kalimat terakhir sedikit ngawur :D). dan akhirnya kebetulan saya yg dimintai tolong.

@teman : abie,, tolong ya, gw bingung dimana bugs nya. query gw udah bener semua, sedangkan code udah bener sepertinya. tapi yg mana yg salah?

@saya : okeh,, tenang tenang. kirimin file yang erorr.

pas saya lihat dan cek scriptnya, hmmppt ni code dah bner semua, ga ada kesalahan sintaksis ataupun logika.

saya pun teringat ajaran seorang hacker. kata dia “Gini bi, untuk kita bisa melacak itu error dimana, sebenernya simple. qt ga perlu software software khusus, atau waktu berbulan bulan, cukup dua baris sederhana.”

you know,,

ini dia ilmu yang sederhana, tapi menurut saya berharga banget,,

yeah dia cuma nambahin

  • print $sql;
  • die();

refresh web tadi,, dan viola tercetaklah seluruh sql, dengan program yang masih realtime.

saya copas sql yang temen saya itu ke xampp, dan error besar besar seperti ini

  • #1267 – Illegal mix of collations (latin1_general_ci,IMPLICIT) and (latin1_swedish_ci,IMPLICIT) for operation ‘=’

dan pemecahannya pun mudah tinggal baca disini

esensinya,, banyak programer pemula, bahkan yang udah kawakan sedikit kesulitan dalam melacak error di php, kebanyakan mereka biasanya mencocokan satu per satu variable dari database dngan variable yang digunakan untuk tampil. bagi saya itu sangat memakan waktu (padahal dulu saya menggunakan,, haha). Nah, pendekatan baru seperti ini  dengan menghentikan program yang lagi berjalan dan mencetak query ke layar, akan terlihat dan lebih mudah terlacak yang mana yang error.

saya teringat terakhir sharing dengan dia, “kebanyakan programmer itu melupakan hal hal yang sederhana, padahal konsep abstraksi sesungguhnya adalah menyederhanakan masalah”.

kembali lagi ke program temen saya,, dia pun akhirnya bisa tidur karena maslah telah terpecahkan.

lain kali akan saya share berbagai ilmu dari guru hacker, yang logikanya simple tapi efektif dan mematikan.. KEEP IT SIMPLE STUPID 😀

