Dan mereka pun perlu

“Keinginan utk sukses kadang memburamkan kesadaran utk seimbang. Sukses kdg membawa kita menuju titik ekstrim, menjauh dari titik tengah”

potret buram pendidikan indonesia,,

dari tingkat satu gw sering nerima kerja sampingan, apapun itu untuk nambahin biaya kuliah. kebetulan waktu itu kerjaan gw di daerah jakarta, dan gw melihat banyak sekali anak jalanan yang tidak terurus, msalah pendidikan,

dan gw bersyukur gw masih bisa kuliah..

gw waktu itu masih bisa berharap agar semua lapisan masyarakat indonesia bisa mendapatkan pendidikan, terlepas dari banyaknya faktor yang menghambat itu. bukan cuma pemerintah yang salah, kita juga salah, kita salah karena kita diam..

setaun berlalu, naek tingkat dua,

ada beberapa adek kelas gw yang punya kepedulian sosial tinggi, salut banget,,

mereka tidak menutup mata mengenai banyaknya anak jalanan di sekitar kampus gw, mereka bergerak, mereka maju menjadi solusi, walaupun masih skala kecil. dan komunitas itu diberi nama Baitul Ahlam Foundation.. awalnya,, seiring perjalanan waktu diberi nama Taman Hijau Ceria..

awal pertemuan, kita 5 orang anak,,  pertemuan kedua dua puluh anak,, waktu prtemuan kedua bersyukur banget, karena banyak yang hadir.

dan pertemuan ketiga kita kaget karena yang hadir hanya 5 orang anak,, ketika kita tanya,, jawaban mereka pun bikin gw miris menangis dalam hati.

mereka bilang, “kakak, anak anak yang tidak hadir itu dimarahi orang tuanya, merka dilarang kesini karena hasil mengemis mereka kurang gara gara mengikuti kegiatan belajar ini”.

Duhai Allah,, this is reality at my country,,

akhirnya kita pengurus sepakat untuk mendatangi orang tua mereka, menjelaskan, dan alhamdulilah walaupun awalnya tidak mendapat respon, tapi seiring ikhtiar mereka diperbolehkan untuk belajar..

orang belajar aja susah minta ampun, disurh ngemis dulu, gawe dulu ini itu dulu..

gw makin bersyukur dalem hati dengan kehidupan gw sekarang.

banyak yang nanya, ngapain u peduli ma mereka? urusin aja kehidupan u sekarang.

Gue jawab: Gue ga punya pilihan. Gue hrs peduli. Karena gue ga mau mereka bodoh

ywdah u kenapa ga nuntut pemerintah?

yang salah bukan pemerintah, gue juga salah, loe salah karena loe diem, gue udah bosen dengan teriakan demonstrasi mahasiswa nuntut perbaikan pendidikan.

Gue ga punya pilihan lain selain utk peduli. gue harus turun, apapun konsekuensinya.

Karena gue mau Indonesia maju.

Kenapa gue ngotot pengen Indonesia maju?

Karena gue terbakar semangatnya utk membuktikan para peragu salah ketika mereka berkata “Indonesia tidak akan pernah bisa maju”

Indonesia bisa maju

Kita hanya perlu utk terus berjuang dgn semangat kepahlawanan, menciptakan perubahan dan menuntut perubahan.

Taman Hijau Ceria, begitu kami menyebut komunitas ini,,

dan pada Syawal ini, udah hampir setaun kita berjalan, gw selalu yakin kita akan maju, kita gak akan diem,

gw akan buktikan kepada para peragu kalo anak jalanan bukan sampah, mereka bisa juga berprestasi dan mewujudkan mimpi mereka.

blog taman hijau ceria


Mengapa gue harus peduli?

Selain karena gue ga punya pilihan..
Karena gue bisa dan gue mau.

Leave a Reply

