You person of the year

Waktu hari minggu kemarin disuruh ngisi seminar tentang pergerakan mahasiswa, jujur rada sedikit sulit karena sudah hampir satu tahun ga berada di ranah pergerakan lagi. Ga muluk muluk sih ngebawain materi, hanya saja bahwa kita harus mulai melirik dunia maya sebagai sarana untuk mobilisasi pemikiran, transformasi knowledge dan menjadikan web atau sosnet sebagai tactic influence kita dalam mempengaruhi massa.

Masih lekang di ingetan gw pada tahun 2006 majalah time menobatkan bahwa the PERSON OF THE YEAR is YOU.

sebuah hal yang sangat aneh menurut gw ketika dahulu. Kenapa setiap orang bisa jadi person of the year, emang apa setiap individu bisa bergerak menjadi Person of the year?. Dan jawabannya emang iya,, zaman sekarang individu sudah bisa jadi sumber perubahan revolusioner secara cepat.  Contoh obama, yang menjadikan twitter sebagai sarana kampanye, kasus prita dengan rumah sakit omni. Prita  mulai bisa menunjukan bahwa, djugment massa lebih bagus daripada djugment oknum pemerintah yg syrat permainan. kita juga masih ingat gimana si chaiya chaiya ala briptu norman berhasil ngangkat image polisi. Dan masih banyak lagi hal yang tiba tiba menjadi trending topik di dunia maya
apa sih yang menjadi penggerak perubahan itu? 

Ketika Dinding runtuh dan semua pintu terbuka

Gw sedikit terkejut membaca kisah pengakuisisian yahoo oleh koprol, bukan terkejut karena akuisisinya. tapi karena ada hal yg menarik dalam proses tersebut. Ketika akuisisi berjalan, beberapa petinggi yahoo datang ke kantor koprol di jakarta, dan ternyata mereka baru ketemu satu sama lain, padahal mereka sudah lama berkomunikasi dan bekerja dalam institusi yg sama. satu hal yg saling membuat mereka terkoneksi adalah internet, ketika semua arus informasi dalam hitungan jam dan detik mampu dikirim diantara mereka, jarak ataupun tebalnya dinding menjadi tidak masalah.

dan hal ini yg gw tekankan kepada teman teman di organisasi, bahwa media internet bukan hanya untuk chatting, coba mereka gunakan untuk membuat sebuah gerakan dengan teman teman aktivis lain, mungkin studi banding sudah tidak diperlukan, dan proses pertukaran informasi antara para aktivis menjadi lebih cepat murah dan mudah, sehingga arus perubahan dapat segera di realisasikan.

Indonesia Gila Sosnet loh

data statistik terakhir menyebutkan user aktif netters di indonesia ada 40 juta orang, dan 39 juta diantaranya pengguna facebook (ini data dari kominfo dan beberapa website). Gila ga?? betapa addict nya msyarakat kita. Disini gw ingetin ke temen temen aktivis, bahwa model komunikasi orang orang sekarang sudah berubah. tiap pagi yng mereka cari hp, untuk apa? untuk update status, untuk baca status. Ini celah yang bisa kita manfaaatkan untuk bisa menanamkan kredo organisasi kita, memperkuat branding kita di sosial media. Dengan modal informasi yng berharga, banyak para pengunjung atau reviews yang datang ke tulisan kita. Dan mungkin pengaruh sedikit sedikit akan tertanam, sehingga tidak perlu lagi untuk aksi ke jalan dalam melakukan advokasi, walaupun dalam keadaan tertentu harus dilakukan..

 

Sebenernya banyak lagi yg mau gw share mengenai masalah pemanfaatan media.

cuma ngantuk berat,, akan saya lanjutkan di artikel selanjutnya

Advertisements