Konsekuensi Sebuah Teknologi

Banyak hal menjadi efisien karena adanya kemajuan teknologi, banyak hal bisa dipangkas dan dipermurah biayanya karena ada nya teknologi, orang ga usah punya merpati hanya untuk mengirim surat ke kekasih pujaan, dan jaman sekarang juga ga usah lagi pake kaleng bekas untuk menghubungi teman di jarak yang cuma 10 meter, semua terasa cepat , setajam silet (maaf ga nyambung).

Teknologi selalu punya dua mata sisi, ada hal baik yang bisa diambil dan ada dampak negative yang bisa ditimbulkan, teknologi digunakan oleh orang yang salah, bagaikan ibu ibu yang nyasar ke mall membawa kredit card (sama sama bahaya). gw pengen menyoroti dampak teknologi terhadap media cetak, Di eropa sana , koran koran sudah banyak menurun oplahnya,, seperti di Rumania, Perusahaan Cronica Romana mengalami penurunan pendapatan dari sektor media cetaknya, beberapa tahun lalu mereka bisa mendapat oplah sampe 1 juta , sekarang hanya tinggal 40 ribu saja. Bahkan setelah 80 tahun majalah berita mingguan terkenal Newsweek akan mengakhiri edisi cetak, dan selanjutnya pindah ke format online mulai awal tahun depan. Edisi terakhir majalah ini akan terbit pada 31 Desember. semua bermigrasi ke online.

semua online, online, online dan online.. ada orang yang tergusur akan migrasi ke online secara besar besaran ini. Ketika gw masih di Jakarta, setiap pagi ada seorang kakek kakek penjual koran menawari setiap penumpang yang lewat, majalahnya kayak kompas, tribun dan beberapa yang lain. gw kasian, suara si kakek tergerus sama bising nya angkutan, dan ini diperparah dengan semakin sedikitnya minat orang terhadap yang cetak cetak,, mereka semua sudah baca atau pun akan membaca apa yang si kakek jual itu, di PDA, smartphone mereka, dalam hitungan detik. dan si kakek pun tertunduk lesu karena oplah penjualannya tiap hari menurun. Damn,, thats the reality.. gw udah tau bahwa teknologi akan memakan sebagian pekerjaan orang lain, atau bahkan menghilangkan, teknologi gapunya mata, bahwa ada orang yang terkena imbas dari teknologi tersebut.

trus apa kesimpulannya?

gw juga gatau, gw inget di salah satu fil Die Hard 4, si bruce willis disebut sebagai arloji tua dijaman digital, dan dia kesulitan nangkep segerombolan penjahat digital. tapi untungnya dia ditolong hacker brilian buat menangin pertempuran. mungkin itu cuma adegan di film, tapi gw harap ada hacker hacker diluar sana yang bisa nolong orang orang yang juga kena imbas teknologi, apapun itu caranya.
 ketika semua serba online, apakah kita harus melupakan mereka ? cukup buka earphone, dan lupakan sejenak layar smartphone, dan coba kita liat keadaan sekitar.

nb : kebayang ga, kalo nasib yang disamping ini terjadi sama bapak u semua?

Advertisements