Kalo ga bisa dirubah, ya lebih baik mundur

Alasannya karena kekesalan yang amat akut terhadap project yang ga jelas sizenya.. gw ga akan membahas kenapa gw kesal, tapi gw hanya ingin bilang dan berbicara kepada orang yang ditawari pekerjaan serupa.

gw ditawari sebuah pekerjaan sebagai kepala development yang bertanggung jawab terhadap project2 yang dikerjakan, dari awalnya gw hanya berfikir, okeh gw coba, rule mainnya saya diberitahu cost project berapa (dan gw bodoh ga nanya), tapi tidak pernah diberitahu size aplikasi seperti apa, dan waktu pengerjaan berapa lama. diberitahu, tapi tidak pernah jelas.

selama ini gw hanya jadi tukang develope, jujur estimasi nilai project merupakan materi yang baru bagi gw. dengan kondisi seperti itu, kemudian gw coba untuk develope, pertama prototype dengan requirement yang seperti ini. dan salahnya, gw ga pernah bikin perjanjian tertulis atau brief tentang apa yang akan dibangun. gw hanya mengiyakan bahwa project sgini dengan cost sgni.

akhirnya yang terjadi

– gw menyewa programer, karena fitur selalu berubah ubah, akhirnya programer ini tidak mau meneruskan project

– kemudian waktu yang diperlukan menjadi lebih panjang untuk development, shingga besarnya cost yang diberikan jadi ga berarti lagi.

gw sempet coba memperbaiki keadaan, gw coba dokumentasi semua kebutuhan dan docs supaya jelas mana yang harus didevelope . mana yang sunah, tapi ya cuma kayak angin lalu, docs ga pernah diisi, ga teratur ngisi, dan revisi bukan revisi lebih tepatnya, tapi penambahan requirement yang ga pernah berhenti.
setelah coba memberi tahu bahwa metode development seperti itu ga efektif, tapi mentah. gw memutuskan untuk mundur,

tapi satu hal pelajaran paling berharga. Estimasi Nilai project adalah ilmu paling penting sebelum development, jangan pernah develope sebelum kita deal soal requirement,

ada blog bagus membhas masalah tersebut , bsa diliat disini

http://software.endy.muhardin.com/manajemen/estimasi-proyek-software/

dengan segala hormat kepada orang yang percaya, terimakasih sekali lagi telah memberi kesempatan, dan maaf sekali lagi atas segala kekurangan gw.

Leave a Reply

