Merunduklah

banyak hal ahli teknologi di jagad ini yang hebat, dan kerennya mereka sangat merunduk sekali. Linus Trovald, ga diragukan lagi kemampuan om linus dalam coding, dia genius dalam mengtweak sebuah sistem operasi.dan hasil karyanya, linux sudah menyebar kemana mana, bahkan dijadikan sebuah agama tersendiri bagi penggiat komputer. ada hal yang paling menjengkelkan,

satu hal ketika hadir di milis milis open source atau liat komentar komentarnya, banyak sekali orang orang yang menghina teknologi lain kelewatan, menghina ya , bukan mengkritik. biasanya orang yang seperti ini, mereka baru kenal teknologi, baca sdikit udah cuap cuap. Padahal yang gw tau si om linus ga gitu gitu amat,

“Ketika ia datang terlambat di suatu konferensi IT, ia bahkan tak segan-segan duduk di lantai dengan celana pendek dan sepatu-sandal kesukaannya. Ia bahkan tidak marah tatkala memberikan pidato di mimbar dan diinterupsi oleh beberapa programmer BSD yang maju ke depan panggung yang mengklaim bahwa kernel BSD jauh lebih hebat ketimbang kernel Linux. Ia bahkan tidak segan-segan memakai T-Shirt BSD yang disodorkan pemrotes dan melanjutkan pidatonya”.

Liat , keren banget kan? padahal dia yang nyiptain linux, padahal yang pembela mati matian BSD itu bukan yang nyiptain BSD. mereka hanya “PENGGUNA”. gw salut sama trovald karena dia berfikir, untuk apa berdebat, lebih baik ciptakan hal yang lebih hebat.

yang kedua, orang banyak mengaggumi steve jobs, tapi jarang ada yang kenal wozniak. orang pertama yang ngedesign arsitektur PC seorang diri. dia murni perancang apple 1 dan apple 2. jenius di balik berdirinya apple. dia sombong? engga. justru dia sangat jujur dalam memandang teknologi. dia bahkan terang terangan menyukai voice command nya android dibandingkan apple. Dan fasilitas maps android selangkah lebih maju dibandingkan apple. Padahal apple adalah perushaan yang dia dirikan.

Keren dua orang ini, jenius yang memandang teknologi dengan kacamata geeks sejati, dia ga terjebak dalam arus perdebatan panjang, mana teknologi yang lebih baik dengan latar belakang apapun. dua orang yang selalu melihat objektif sebuah karya akan fungsionalitas dan fitur yang dihasilkan, Berkata jujur akan metode paling efektif untuk sebuah teknologi,,

apalagi saya yang belum menghasilkan karya apa apa.

hacker adalah kesenangan menciptakan ssuatu, bagaimana membuat dunia ini lebih baik dengan teknologi,  linus dan woz membuktikan hal itu. Semakin merunduklah, karena dengan merunduk kita bisa melihat permasalahan dengan jelas, sehingga menciptakan karya yang lebih hebat lagi..

Advertisements

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s