Memproduksi Pengetahuan

Waktu blog walking saya ngeliat salah satu dosen ITB yang juga pakar di bidang teknologi informasi, beliau ngeblog hampir tiap hari. entah postingannya penting atau ga penting, yang penting beliau nulis. Kita gabisa nyangkal, sejarah dunia itu ada karena tulisan. pengen mbahas budaya menulis, ada kata kata bagus dari Onno W Purbo, kata beliau kalo suatu negeri manusia nya jadi subject penghasil pengetahuan, maka kecepatan kemajuan negara tersebut bisa dipastikan akan bertahan lama.

Maksudnya sebagai subject pengetahuan gini, kita nulis untuk mendokumentasikan pengetahuan dan mengshare dalam bentuk tulisan. sehingga dengan hal tersebut, ibaratnya kita yang memproduksi pengetahuan. dengan adanya produksi pengetahuan tersbut, manusianya jadi tertantang untuk menghasilkan pengetahuan dan mendokumentasikannya, sehingga peran guru hanya sebgai fasilitator aja. Dan dengan adanya budaya tersebut manusia akan belajar tanpa paksaan, karena mereka akan selalu terus merasa senang untuk memproduksi pengetahuan tersebut.

Konsep ini diimplementasikan di blognya ilmukomputer.com , sebuah source dari banyak orang tentang ilmu ilmu komputer. Di blognya pak Romi juga, beliau bilang, kadang know how sebuah ilmu itu didapat dari sebuah pengalaman, dan pengalaman itu bisa bertransformasi menjadi sebuah informasi yang bermanfaat klo kita menuliskannya, dan membaginya entah itu dalam jurnal pribadi atau jurnal khusus.

So, konsep ini udah diterapkan sama ali bin abi thalib dengan kata katanya yang mendunia. “ikatlah ilmu dengan menuliskannya”. setidaknya kalopun kita gabisa sedekah harta, minimal bisa sedekah ilmu, selain tambah pinter, juga bermanfaat sama orang sekitar. Jadi menulislah untuk membagi pengetahuan 😀

Advertisements