mysql new user access denied

Ini pengalaman bodoh sih,
gegara harus jadi superman jadi sysadmin juga. Biasa ga pernah maenin user previlledge di mysql.
waktu add users, tiba2 si users gbsa akses db yang bersangkutan ada error begini Access denied for user ‘abc’@’localhost’ (using password: YES).

jadi ini catetan doang mengenai flush, udah langsung aja karena sering lupa.

dari terminal connect ke mysql administrator:

mysql -u root -p mysql
Pas udah masuk, jalanin perintah ini *sesuain sama user yg dbikn dan db nya:

> grant all privileges on DATABASE_NAME.* to USERNAME@localhost identified by ‘PASSWORD’;
> flush privileges;
> \q

info lebih lanjut ada disini http://dev.mysql.com/doc/refman/5.1/en/grant.html

Advertisements